Masalah saat mengirim email dengan POP atau IMAP
Ada beberapa alasan umum yang menyebabkan pengguna Gmail menemui masalah saat mengirim email dengan fitur IMAP atau POP Gmail. Jika Anda tidak dapat mengirim email, berikut adalah daftar periksa pemecahan masalah:
- Apakah Anda dapat masuk ke antarmuka web Gmail?Kunjungi http://mail.google.com untuk masuk ke Gmail. Jika Anda melihat CAPTCHA (gambar keamanan dengan huruf terdistorsi), Anda harus masuk agar dapat mengaktifkan akses IMAP. Jika Anda tidak dapat masuk ke Gmail, tunggulah selama satu jam dan masuk lagi ke Gmail.
- Apakah Anda telah mengaktifkan POP atau IMAP di Gmail?Masuk ke antarmuka web Gmail.Buka tab 'Penerusan dan POP/IMAP' pada laman 'Setelan' dan konfigurasikan IMAP atau POP. Setelah mengaktifkan fitur ini di Gmail, pastikan Anda mengeklik 'Simpan Perubahan' supaya Gmail dapat berkomunikasi dengan program email Anda.
- Apakah Anda mengaktifkan SSL/TLS untuk server SMTP?Pastikan SSL/TLS aktif untuk SMTP pada klien email Anda. Untuk informasi lebih lanjut, tinjau petunjuk konfigurasi untuk klien khusus Anda.
- Apakah Anda sudah menetapkan 'izinkan autentikasi' untuk server SMTP?Periksa apakah 'izinkan autentikasi' sudah aktif untuk server SMTP di program email.
- Apakah Anda telah memasukkan nama pengguna dan sandi yang benar?Verifikasi apakah ejaan nama pengguna Anda benar, dan apakah Anda memasukkan '@gmail.com.' Pelanggan Google Apps harus memasukkan alamat email utuh termasuk nama domain. Selain itu, Anda harus memasukkan ulang sandi hanya untuk memastikan sandi sudah benar.
- Apakah Anda mencoba mengirim lampiran?Sebagai tindakan pengamanan untuk mencegah kemungkinan virus, Gmail tidak mengizinkan Anda untuk mengirim atau menerima file eksekusi yang dapat berisi kode eksekusi yang merusak. Perhatikan juga bahwa dengan Gmail, Anda dapat mengirim dan menerima pesan hingga maksimum 25 megabyte (MB).
- Masih tidak dapat mengirim email?Jika Anda telah mencoba mengonfigurasi server SMTP pada port 465 (dengan SSL/TLS) dan port 587 (dengan STARTTLS), tapi tetap menemui masalah saat mengirim email, cobalah konfigurasikan SMTP untuk menggunakan port 25 (dengan SSL/TLS).Pengguna Apple Mail: Terkadang, Email salah mengartikan setelan server SMTP Anda. Jika saat ini Anda memiliki 'smtp.gmail.com:namapengguna@gmail.com' di bidang 'Server Email Keluar:' pada setelan Anda, cobalah ubah bidang menjadi 'smtp.gmail.com' dan simpan setelan.
- Melihat pesan Terkirim rangkap?Untuk memahami setelan yang memengaruhi penghapusan dan penyimpanan pesan serta draf, kunjungi setelan klien yang disarankan.
- Dapatkah Anda tersambung ke server SMTP?Untuk mendiagnosis masalah dengan lebih baik, Anda harus menjalankan uji telnet, yang akan memeriksa apakah komputer Anda dapat menghubungi server SMTP kami.Jika Anda menggunakan Windows Vista, pertama-tama Anda harus mengaktifkan fitur Telnet:
- Klik tombol Mulai, lalu Panel Kontrol, lalu Program.
- Klik Aktifkan atau Nonaktifkan Fitur Windows.
- Jika Anda diminta sandi atau konfirmasi administrator, ketik sandi atau berikan konfirmasi.
- Di kotak Fitur Windows, beri centang pada kotak yang berlabel Program klien Telnet, lalu klik OK. (Mungkin butuh waktu beberapa menit hingga pemasangan selesai.)
Untuk menjalankan uji telnet pada komputer Windows:- Buka menu Mulai, dan pilih Jalankan.
- Masukkan perintah di bidang Buka:, dan klik OK.
- Masukkan 'telnet smtp.gmail.com 465,' dan tekan Enter, atau jika Anda menggunakan Outlook 2007, masukkan 'telnet smtp.gmail.com 587'. (Apakah informasi di jendela perintah sudah jelas? Jika belum, perhatikan pesan yang muncul.)
- Tutup jendela perintah.
Untuk menjalankan uji telnet pada Mac:- Klik ikon Hard Drive Macintosh, lalu buka folder Aplikasi.
- Buka Utilitas, lalu pilih Terminal.
- Bergantung pada porta yang Anda gunakan untuk mengirim, ketik 'telnet smtp.gmail.com 25' atau 'telnet smtp.gmail.com 587' di jendela perintah dan tekan Enter.
Jika Anda menerima pesan kesalahan setelah melakukan langkah 3, administrator jaringan atau perangkat lunak keamanan Anda telah mencekal akses ke server kami. Sebaiknya hubungi administrator jaringan lokal atau Penyedia Layanan Internet (ISP) Anda untuk informasi lebih lanjut.
Sumber : Google Support
By : Bung Khatra
Tidak ada komentar:
Posting Komentar